NLP dalam Pelatihan: Kekuatan untuk Memfasilitasi

Bagaimana NLP dapat membantu merancang dan menjalankan kursus yang memiliki hasil positif untuk semua orang, termasuk Anda, pelatih? Deni Lyall menjabarkan proses-prosesnya, memberi banyak nasihat dan membagikan pengalaman pribadinya.

Saya memiliki gelar di bidang teknik elektro dan mencintai matematika di sekolah - seorang wanita logis yang saya rasakan. Jadi begitulah saya, pada suatu sore musim panas, mendengarkan suara pelatih saya dengan lembut mendorong saya untuk berjalan di sepanjang garis waktu imajiner di karpet kamar hotel. 

Ini untuk membantu saya dengan masalah yang sedang kami jelajahi! Saya mengambil satu langkah dan menatapnya dengan bingung. Apa yang seharusnya terjadi? Langkah lain, lihat lagi. Dan lainnya dan lainnya. Lalu tiba-tiba itu terjadi. Untuk beberapa alasan saya merasakan ketenangan melewati saya dan situasinya seperti diselesaikan. Saya tahu itu akan baik-baik saja di musim gugur.

Ini adalah pengalaman pertama saya dalam Neuro Linguistic Programming (NLP) dan, saya harus mengatakan, saya meninggalkan ruangan itu dengan perasaan agak bingung. Pada tahun-tahun berikutnya saya mendengar lebih banyak tentang NLP dan menyadari bahwa itu adalah subjek yang bersifat emotif. 

Haruskah saya menyebutkan pengalaman saya dengan itu kepada orang lain atau tidak? Daripada merasa skeptis tentang sesuatu yang sangat sedikit saya ketahui, rasa ingin tahu lebih baik dari saya dan saya memutuskan untuk mencari tahu lebih banyak. Akhirnya saya menemukan sekelompok kecil orang yang berpikiran sama dan seorang pelatih yang baik. Empat belas bulan kemudian saya berhasil menyelesaikan pelatihan praktisi dan pelatihan praktisi.

Bagi saya, NLP adalah tambahan yang sangat berguna untuk toolkit saya. Ini sedikit seperti irisan pizza yang baru saja dibeli teman saya; Saya tidak tahu bagaimana saya mengaturnya tanpa itu dan itu berguna untuk lebih dari sekadar pizza, tetapi saya masih menyimpan semua pisau saya. Daripada memungkinkan NLP untuk mengambil alih, saya telah mengintegrasikannya ke dalam toolkit saya dan menggunakannya untuk meningkatkan apa yang sudah saya lakukan.

Sederhananya, NLP adalah tentang menggunakan bahasa pikiran untuk memungkinkan Anda untuk secara konsisten mencapai hasil yang Anda inginkan. Ini terdiri dari beberapa filosofi, beberapa alat dan teknik, dan beberapa metodologi. Dengan sekitar 2 juta bit data yang datang kepada kami setiap detik kami menggeneralisasi, menghapus dan mengubah informasi untuk memotongnya ke dalam jumlah yang wajar. 

Untuk melakukan ini, kami menggunakan pengalaman kami, nilai-nilai dan keyakinan kami, sikap kami, penggunaan bahasa kami, ingatan kami dan 'metaprogram'. Informasi yang tersisa secara internal diwakili dalam pikiran kita, yang kemudian menghasilkan keadaan (emosional) kita, yang pada gilirannya mempengaruhi cara kita berperilaku. NLP membantu memberikan pilihan tentang bagaimana informasi itu memengaruhi kita. Ini juga membantu kita memahami bagaimana dan mengapa orang lain bereaksi berbeda terhadap informasi yang sama.

NLP adalah topik besar dengan banyak aspek dan saya tidak bermaksud untuk membahas teori ini di sini. Ada banyak buku, kaset, dan kursus yang bagus tentang hal ini. Sebagai seorang pelatih, saya telah menemukannya sangat berguna dalam tiga cara utama:

• diri saya sendiri
• berinteraksi dengan peserta
• desain pelatihan

SAYA DIRI SENDIRI
Aspek utama NLP adalah tentang memilih bagaimana bereaksi terhadap apa yang terjadi pada Anda. Oleh karena itu ketika saya berlatih saya memastikan bahwa saya memilih bagaimana saya merasakannya. Saya ingin berada dalam kerangka berpikir terbaik untuk pelatihan sehingga saya dapat dengan yakin menangani situasi yang akan saya temui selama lokakarya.

Pertama, saya selalu positif tentang hasilnya. Saya menempatkan diri saya di masa depan, di akhir lokakarya, menggunakan present tense dalam pikiran saya. Saya melihat para peserta antusias tentang apa yang telah mereka pelajari dan saya melihat sekeliling ruangan dengan semua hasil lokakarya. 

Saya mendengar tawa dan komentar bagus tentang apa yang telah mereka pelajari, dan akhirnya saya merasa sangat puas dengan apa yang telah saya capai. Saya mengerti bahwa tidak semua orang akan merasa seperti ini tentang pelatihan, tetapi saya memfokuskan pikiran saya pada orang-orang yang akan merasa seperti itu. Bagaimana fokus pada pikiran negatif membantu Anda? Itu hanya membuat Anda merasa tidak bahagia!

Tips
• Pastikan perasaan Anda tentang lokakarya adalah yang Anda dapatkan ketika Anda merasa sangat puas dan bahagia dengan sesuatu. Dapatkan perasaan pertama dengan mengingat pengalaman masa lalu. Sekarang jagalah perasaan itu, kemudian bayangkan berada di bengkel yang berhasil Anda selesaikan.
• Bayangkan mendengar komentar bagus tentang lokakarya dalam suara dari seseorang yang Anda hormati.
• Biasanya membuat gambar besar, berwarna-warni, cerah, dan dekat memberi lebih banyak dampak.

Jika anda belum tahu mengenai kepribadian anda sebaiknya anda baca sembilan tip untuk memecahkan kode kepribadian untuk anda yang ingin mengenal kepribadiannya.

0 Response to "NLP dalam Pelatihan: Kekuatan untuk Memfasilitasi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef